Translate

Selasa, 01 November 2022

Pengertian dan Berbagai Contoh Simbiosis Komensalisme



Bayangkan kalau kita punya teman, sukanya tidur. Kita baik banget sama dia, suka ngasih makanan, sering bantu ngerjain tugas sekolah, kadang juga ngasih wifi gratis. Sedangkan si teman tadi orangnya cuek aja. Disuruh bantu-bantu jawabannya “males”, dimintai tolong jawabannya “ogah”, dimintai wifi jawabannya “maaf, kuotaku mau abis”. Walaupun sukanya tidur dan sepertinya kurang berguna, tapi dia gak ngrepotin kok. Masak, masak sendiri; makan, makan sendiri; cuci baju sendiri, tidur pun sendiri. 

 

Memiliki hubungan pertemanan seperti kasus tersebut, bisa disebut dengan memiliki hubungan komensalisme. Simbiosis komensalisme merupakan hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang hanya menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme misalnya:

 

1.  Hubungan tanaman anggrek dengan dengan tumbuhan yang ditinggalinya.

 

Tanaman anggrek diuntungkan karena mendapat tempat tinggal gratis tanpa perlu membayar biaya sewa perbulan, sedangkan tanaman yang ditumpanginya tidak mendapat keuntungan maupun kerugian dengan keberadaan tanaman anggrek ini.

2. Hubungan antara ikan remora dengan hiu. 

Ikan remora mendapat keuntungan dengan memakan sisa-sisa makanan, bahkan kotoran dari hiu yang diikutinya. Selain itu, predator yang mengincar ikan remora juga tidak akan berani mendekat karena adanya hiu di sana. Bagi hiu, adanya ikan remora tidak berarti apa-apa.

3. Hubungan antara tanaman sirih dan pohon yang ditinggalinya

 

Hubungan antara tanaman sirih dan pohon yang ditinggalinya juga merupakan contoh simbiosis komensalisme. Tanaman sirih diuntungkan karena dapat memanjat pohon yang ditinggalinya agar mendapatkan sinar matahari, sementara pohon yang ditinggalinya tidak mendapat keuntungan atau kerugian dari keberadaan tanaman sirih tersebut.

4. Paku simbar minjangan atau paku tanduk rusa dengan batang pohon

 

Tumbuhan paku tanduk rusa menempel pada batang pohon tanpa merugikan pohon itu. Kok bisa? Nah, paku tanduk rusa ini memperoleh makanan dari sisa dedaunan tanaman yang telah membusuk, sedangkan air diperoleh dari air hujan, embun, maupun uap air. Benar-benar cuma numpang tinggal.

5. Jamur dengan pohon yang sudah lapuk

 


Jamur jelas diuntungkan dengan adanya pohon lapuk, misalnya pohon lapuk digunakan sebagai tempat tinggal.

6. Katak dengan pepohonan 

 

 

Ketika cuaca tidak bersahabat, katak dapat berlindung di balik daun pepohonan. Kelakuan si katak ini tidak akan menguntungkan atau merugikan pohon tersebut. 

 

 

Sumber image:

https://pixabay.com/

https://www.pngdownload.id/

Video: https://youtu.be/VdvUWoPMzZ4


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sahabat Dunia Maya

Bergabung Bersama Kami

- Copyright © PendidikanDasar.net -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -