Translate

Minggu, 08 Januari 2017

Mendikbud Akan Melatih Para Guru untuk Menghadapi Full Day School

Menteri Muhadjir Effendi & Jusuf Kala (www.mediaindonesia.com/)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melatih 1.500 guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP untuk pelaksanaan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

"Pada 2017, Kemdikbud akan latih 1.500 guru dan kepala sekolah SD dan SMP agar lebih paham program PPK," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Jakarta.

Ia mengatakan, salah satu dampak program PPK, yakni pergeseran peran kepala sekolah. Kepala sekolah akan lebih fokus pada manajerial, sementara guru sebagai inspirator bagi peserta didik. Menurutnya, kepala sekolah harus menjadi teladan kepemimpinan dan mendukung ekosistem pendidikan di sekolah yang dipimpinnya.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu menyebut, program PPK mendorong masyarakat terlibat dalam pendidikan di sekolah. Ia menjelaskan, program PPK akan menggunakan prinsip gotong royong antara sekolah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang berkarakter.

Mendikbud menargetkan pada 2020, semua sekolah se-Indonesia sudah mengimplementasikan PPK. Muhadjir mengatakan, PPK akan menguatkan lima nilai utama karakter pelajar, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. PPK akan diberikan melalui tiga kegiatan inti sekolah, yakni, intrakulikuler, kokurikuler dan ekstrakulikuler



Source:
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/17/01/04/oj8t1r368-kemendikbud-akan-latih-1500-guru-untuk-pendidikan-karakter
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sahabat Dunia Maya

Bergabung Bersama Kami

- Copyright © PendidikanDasar.net -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -