Translate

Minggu, 01 Januari 2017

Akan Lebih Banyak Sekolah yang Menerapkan Pendidikan Karakter




  
Penguatan Pendidikan Karakter/Full Day School (http://www.kompasiana.com)

Pada tahun 2017 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) atau full day school di 9.830 sekolah se-Indonesia.

"Target implementasi 2017 sebanyak 9.830 sekolah di 34 provinsi," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di kantor Kemdikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (30/12).

Ia mengatakan, target implementasi tersebut meningkat dari tahun 2016 yang hanya sebanyak 542 sekolah menjadi 9.830 sekolah di 34 provinsi. Kemudian, Kemdikbud juga akan mengimplementasikan PPK pada 2018 di 3.252 sekolah di 34 provinsi.

Mendikbud menargetkan pada tahun 2020 seluruh sekolah se-Indonesia sudah mengimplementasikan PPK. Muhadjir mengatakan, PPK akan menguatkan lima nilai utama karakter pelajar, yakni, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Kemudian, ia melanjutkan, PPK akan diberikan melalui tiga kegiatan inti sekolah, yakni intrakulikuler, kokurikuler dan ekstrakulikuler. Ia menjelaskan, jangka waktu sekolah selama delapan jam, tidak akan membuat anak duduk seharian di kelas, sehingga masing-masing sekolah harus berkreatifitas mengembangkan potensi dan karakter murid-muridnya.



Sumber:
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/12/30/oj00kl335-kemdikbud-akan-terapkan-pendidikan-karakter-di-9830-sekolah
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sahabat Dunia Maya

Bergabung Bersama Kami

- Copyright © PendidikanDasar.net -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -